12 Misteri Sejarah yang Akhirnya Terungkap, No 9 Helikopter Yang di Mesir Kuno!

Baca Juga: Aktivitas Fisik yang Pas untuk Penderita Gangguan Jantung



Di dunia ini banyak sekali misteri yang selalu menjadi tanda tanya besar bagi umat manusia. Misteri aneh yang tidak bisa diungkap dengan ilmu pengetahuan itu selalu menjadi bahan perdebatan sepanjang masa.

Namun ada kalanya misteri yang terkubur selama berabad-abad itu akhirnya terpecahkan juga. Seperti yang dilansir BrightSide.me tentang misteri masa lalu yang akhirnya terungkap juga di masa sekarang.

1. Hilangnya Peradaban Nazca

Suku Nazca menjadi terkenal karena mereka membuat bermacam-macam gambar berukuran raksasa di permukaan Gurun Nazca di Peru. Ada teori bahwa asal-usul mereka adalah alien sampai para ilmuwan menemukan, orang-orang Nazca menggunakan geoglyph berukuran raksasa itu untuk berkomunikasi dengan para dewa.

Hilangnya peradaban mereka masih menjadi misteri selama berabad-abad. Namun saat ini para peneliti Universitas Cambridge membuktikan, peradaban Nazca lenyap oleh kekeringan akibat penggundulan hutan.

2. Rahasia Patung Raksasa di Easter Island

Berkat penjelajah legendaris Thor Heyerdahl,  dunia akhirnya mengenal patung batu raksasa di Easter Island yang berada di Pasifik Selatan itu. Dia juga orang pertama yang melakukan penggalian di lokasi tersebut. Dari penggaliannya itu diketahui bahwa patung kepala yang disebut dengan Moai itu ternyata memiliki tubuh. Beberapa di antaranya mencapai ketinggian 20 kaki.

Namun penemuan terbesarnya adalah eksperimennya yang membuktikan, patung-patung raksasa itu benar-benar bisa dibuat dengan alat yang diyakini populer di kalangan manusia pada masa pembangunannya.

3. Kuburan Paus di Cile

Sebuah kuburan massal berisi tulang belulang paus ditemukan di tengah Gurun Atacama, Cile. Para ilmuwan awalnya tidak dapat memahami apa yang mungkin menyebabkan paus-paus itu mati secara massal. Sampai mereka menemukan tulang-belulang itu berasal dari lima periode waktu yang berbeda.

Lapisan tulang belulang pertama diduga berasal dari periode 20.000 tahun yang lalu. Kematian mamalia laut terbesar di dunia itu disebabkan oleh bunga ganggang laut beracun.

4. Catatan Misterius di Salinan Odyssey

Sebuah salinan karya Homer berusia 500 tahun berjudul Odyssey menampilkan catatan tulisan tangan aneh dalam bahasa yang tidak diketahui. Pemerhati masalah Italia, Daniele Metilli dan Giulia Accetta yakin, catatan itu sejenis stenografi unik yang ditemukan oleh Jean Coulon de Thevenot.

Hanya kemajuan teknologi terkini dan akses data penuh yang memungkinkan penemuan itu terjadi. Namun, steno itu sendiri terbukti jauh lebih menarik daripada maknanya: ternyata itu hanya terjemahan bahasa Perancis dari bahasa Yunani.

5. Lubang Dalam di Sungai di Florida

Back To Top