12 Misteri Sejarah yang Akhirnya Terungkap, No 9 Helikopter Yang di Mesir Kuno! Part1

Baca Juga: Aktivitas Fisik yang Pas untuk Penderita Gangguan Jantung


Namun ada kalanya misteri yang terkubur selama berabad-abad itu akhirnya terpecahkan juga. Seperti yang dilansir BrightSide.me tentang misteri masa lalu yang akhirnya terungkap juga di masa sekarang.

5. Lubang Dalam di Sungai di Florida

Arkeolog sebenarnya sudah lama mengetahui tentang lubang dalam di Sungai Aucilla, yang terletak di sebelah selatan Tallahassee, Florida, Amerika Serikat. Karena begitu dalam dan gelap, tidak ada seorang pun yang berani menyelam ke dalamnya.  Sampai akhirnya Jessi Halligan, seorang profesor di Florida State University, memutuskan untuk melakukan penelitian.

Proyeknya membawa hasil yang sangat mengejutkan. Ekspedisi penyelamannya menemukan gading mastodon dengan alur panjang, karena gesekan dengan alat manusia yang juga ditemukan di dekatnya.Penemuan itu sangat mengesankan karena manusia ternyata menghuni wilayah Florida jauh lebih awal dari yang diperkirakan semula, yaitu 14.500 tahun.

6. Komputer Pertama dari Yunani

Alat mekanik Antikythera telah dijuluki sebagai komputer pertama di dunia. Ditemukan di kapal yang tenggelam pada sekitar abad 80-50 SM. Bagian kayu yang berbentuk kotak telah membusuk dan bagian logamnya berkarat.

Baru belakangan ini para ilmuwan akhirnya berhasil menemukan tujuannya: Antikythera adalah perangkat navigasi. Sungguh menakjubkan bahwa mesin canggih semacam itu telah diciptakan pada saat itu. Mekanisme lain seperti itu baru ditemukan beberapa milenium kemudian.

7. Tentara Cambyses II yang Hilang

Pada 524 SM, tentara Raja Persia Cambyses II berperang melawan orang Etiopia. Lebih dari 50.000 tentara pergi untuk menaklukkan Etiopia, tapi semuanya lenyap tanpa bekas. Hanya menyisakan legenda.

Baru akhir-akhir ini para ilmuwan Angelo dan Alfredo Castiglioni berhasil menemukan sisa-sisa tentara legendaris Cambyses II. Ternyata selama 13 tahun berperang, para tentara Cambyses II tidak hanya menghilang namun terbunuh dalam badai pasir yang dahsyat.

8. Kepala Bosham

Bahkan temuan yang paling bisa diperdebatkan pun dapat diidentifikasi dengan menggunakan teknologi modern. Misalnya, Kepala Bosham. Yang tidak memiliki nama selama 2 abad karena kondisinya yang buruk.

Pemindaian laser baru-baru ini membantu mengidentifikasi kepala seberat 158 kilogram itu sebagai salah satu patung besar Kaisar Romawi Trajan.Patung itu diperkirakan dibuat untuk memuji wisatawan di pelabuhan Chichester, sementara kepala itu sendiri telah menjadi salah satu peninggalan terpenting Romawi Inggris.

12. Gambar Helikopter di Hieroglif Mesir Kuno

Hieroglif Abydos di Kuil Osiris menyebabkan banyak perdebatan karena memunculkan simbol helikopter, tank, dan bahkan sebuah pesawat jet.Namun, saat para ilmuwan berhasil merestorasi hieroglif ke bentuk asli, mereka membuktikan bahwa gambar-gambar itu terbentuk oleh waktu dan proses penuaan. Sehingga otak kita tertipu saat melihat bentuk yang kita kenal di masa sekarang.
(ism, Brightside.me)

10. Kuburan Richard III yang Hilang

Kuburan Richard III dianggap hilang dan jenazahnya terlempar ke sungai saat gereja tempat dia dimakamkan dibeli oleh seorang pengusaha.Namun ilmuwan dari Universitas Leicester akhirnya bisa menemukan kuburannya. Dan tes DNA menunjukkan bahwa jenazah yang mereka temukan memang milik Richard III.

11. Kru Mary Celeste yang Hilang

Mary Celeste adalah kapal hantu terkenal yang ditemukan pada tahun 1872. Tanpa ada jejak kru atau penyebab kerusakannya.Ahli kimia Dr Andrea Sella melakukan eksperimen yang menjelaskan fenomena itu. Ada sekitar 1.700 barel alkohol di kapal kargo yang bisa terbakar dan membuat "ledakan tak terlihat," di mana dinding api diikuti oleh gelombang udara dingin, sehingga tidak meninggalkan api atau jelaga. Para kru bisa saja meninggalkan kapal dan tewas di laut.

12. Batu Berjalan di Death Valley

Selama berabad-abad, batu-batu di Death Valley, California, dikenal angker karena bisa bergerak dengan sendirinya begitu hari berganti pagi.

Tidak ada penjelasan mengenai fenomena itu sampai Ralph Lorenz membuktikan, batu bergerak sendiri karena ada cangkang es yang terbentuk di sekitar batu di musim dingin. Saat mencair, batuan mulai meluncur karena dorongan angin.

Back To Top