5 Jenis Phobia Paling Aneh yang Diderita Manusia! Ada Phobia Mantan Gak Yaa?

Baca Juga: Aktivitas Fisik yang Pas untuk Penderita Gangguan Jantung



Halo kengkawan semua. Kalo ngomongin soal phobia, phobia adalah rasa takut yang ekstrim atau keengganan terhadap sesuatu. Manusia memiliki kecenderungan phobia namun berbeda-beda. 

Phobia tertentu dianggap normal, ditoleransi, dan mudah untuk diatasi seperti pyrophobia (ketakutan api) atau thalassophobia (ketakutan laut). 

Ini adalah phobia yang relatif mudah untuk dikelola. Tapi ada beberapa orang memiliki phobia yang tidak biasa, bahkan dianggap aneh dan langka. Berikut 5 jenis phobia aneh yang diderita manusia!

1. Haphephobia

Jenis Phobia aneh yang pertama adalah Haphephobia, yang mana haphephobia ini merupakan jenis phobia yang ketakutan ketika disentuh. Penderita haphephobia, sentuhan manusia berpengaruh sangat kuat dan bahkan menyakitkan. 

Dalam beberapa kasus, ada ketakutan khusus yang hanya pada satu jenis kelamin. Sementara kasus lain, ada ketakutan yang berhubungan dengan semua orang.

2. Ergophobia

Ergophobia adalah ketakutan pada pekerjaan. Phobia ini benar-benar yang paling menyeramkan dari sekian banyak orang menderita phobia. Jelas aja menyeramkan, orang yang menderita phobia ini berarti gak akan bisa kerja. 

Seperti Lorna Liebenberg, seorang penderita ergophobia mengakui selama 17 tahun, Lorna tidak bekerja. Setiap kali dia berpikir kerja, perasaan yang luar biasa ketakutan melumpuhkan dirinya.

3. Nomophobia

Kalo phobia yang satu ini, sepertinya diderita beberapa kids jaman now, karena Nomophobia merupakan ketakutan tanpa ponsel. Salah satu penyebabnya adalah kecanduan teknologi. 

Selain itu, orang-orang yang telah memiliki pengalaman-pengalaman negatif setelah pergi tanpa ponsel atau lupa membawa ponsel juga dapat mengembangkan nomophobia. Tiati kids!

4. Heliophobia

Heliophobia adalah takut berlebihan atau ketakutan tidak rasional pada sinar matahari. Salah satu penyebabnya adalah informasi dan persepsi yang disalahartikan. Untuk contoh, orang yang percaya bahwa over exposure sinar matahari akan menyebabkan kanker kulit bisa menjadi penderita heliophobic. Selain itu, orang yang sebelumnya pernah bermasalah dengan kulit yang terbakar matahari juga dapat mengembangkan phobia heliophobia.

5. Ablutophobia

Ablutophobia adalah ketakutan mandi, mencuci dan membersihkan. Wadoeh! Gak pernah mandi dah. Phobia ini merupakan phobia khusus yang mana lebih umum terjadi pada wanita dan anak-anak daripada laki-laki. 

Ablutophobia paling mungkin disebabkan karena sebab yang unik atau contoh spesifik-nya seperti berhubungan dengan masa kanak-kanak, kecelakaan yang melibatkan air atau orangtua yang kasar atau lalai yang mungkin telah menerapkan air atau mandi sebagai hukuman.

Nah, itu dia 5 jenis phobia aneh yang diderita manusia gengs. Lo tau jenis phobia aneh lainnya? Tulis di kolom comment yak!

Back To Top