Gaji Istri Lebih Tinggi, Suami Berisiko Kena Penyakit Jantung

Baca Juga: Aktivitas Fisik yang Pas untuk Penderita Gangguan Jantung



Dalam kehidupan rumah tangga modern, tak cuma suami yang bekerja, istri juga. Ketika gaji suami lebih sedikit dari istri rupanya berpengaruh terhadap kesehatan penyakit jantung kaum adam di masa depan

Jika sejak awal menjalin hubungan hingga kehidupan selanjutnya gaji istri lebih tinggi dari suami, risiko pria terkena penyakit meningkat. Seperti penyakit jantung, sakit maag, dan penyakit paru kronis. Fakta ini terungkap dalam studi dari Rutgers University Amerika Serikat mengutip Men's Health, Kamis (7/9/2017).

Suami yang gajinya lebih sedikit dari istri di usia 50-60an tahun, juga mengalami sedikit peningkatan risiko tekanan darah tinggi dibandingkan yang gaji selalu lebih tinggi dari istri.

Mengapa bisa begitu?

Studi sebelumnya menyebutkan, perasaan suami kehilangan dominasi atau pengaruh sosial sebagai pencari nafkah membuatnya jadi stres. Kondisi tersebut membuat daya tahan tubuh pun menurun dan juga berpengaruh pada kesehatan jantung. 

Ketika stres, para pria biasanya melakukan hal-hal negatif. Seperti merokok, minum minuman keras dan mengonsumsi makanan sembarangan. Tentu saja, kebiasaan ini makin memperburuk kesehatan suami tersebut.

Mungkin saja, jika suami lebih menerima bahwa gaji istrinya lebih tinggi tidak berdampak begitu parah bagi kesehatan. Namun untuk mengetahui kebenaran hal ini butuh studi lanjutan.

Back To Top