Ini Dia Masyarakat Pemilik Jantung Tersehat

Baca Juga: Aktivitas Fisik yang Pas untuk Penderita Gangguan Jantung



Peneliti menemukan, masyarakat Tsimane yang hidup di Amerika Selatan sebagai pemilik jantung tersehat di dunia. Apa yang istimewa dari mereka?

Masyarakat Tsimane yang hidup di Bolivia selama ini ternyata menjalani kehidupan dengan berburu dan mengumpulkan makanan. Gaya hidup tersebut, menurut peneliti, menjadikan risiko terkena penyakit jantung jadi rendah.

"Proses penuaan dalam diri mereka tidak seperti masyarakat sekarang, karena gaya hidup mereka lebih mirip dengan nenek moyang kita," kata Profesor Antropologi di University of New Mexico, Hillard Kaplan.

Dalam studi yang dipublikasikan jurnal The Lancet, tim peneliti melakukan studi terhadap 705 orang dewasa Tsimane. Peneliti melakukan CT scan untuk mengetahui pengerasan pada arteri serta menghitung tekanan darah, detak jantung, dan peradangan mereka.

Hasilnya amat menarik. Sekitar 85 persen partisipan tidak memiliki risiko terkena penyakit jantung dan 13 persen lainnya memiliki risiko rendah terkena penyakit itu. Selain itu, masyarakat Tsimane memiliki tekanan darah, kolesterol, dan kadar gula darah rendah.

Peneliti tidak mengetahui persis alasan masyarakat Tsimane berisiko rendah terkena penyakit jantung. Namun, peneliti memprediksi gaya hidup mereka yang memiliki peran besar terhadap hal tersebut.

Sehari-hari, masyarakat Tsimane menghabiskan waktu tinggi aktivitas fisik, hanya 10 persen yang minim bergerak. Bagaimana tidak, mereka menghabiskan sebagian besar waktu dengan berburu dan berkebun.

Jika melihat asupan makanan mereka pun amat baik. Masyarakat Tsimane mengonsumsi makanan tinggi serat setiap hari dan amat sedikit mengonsumsi konsumsi karbohidrat olahan. Sekitar 15 persen asupan makanan berasal dari daging dan ikan. Selain itu mereka juga jarang merokok.

Melihat hasil ini, peneliti mengatakan bukan berarti harus mengadopsi gaya hidup seperti masyarakat Tsimane. Melainkan mengaplikasikan beberapa hal seperti menjalankan gaya hidup sehat yang mengonsumsi banyak serat, aktif bergerak, dan tidak merokok demi jantung yang sehat hingga usia tua.
Back To Top