Ternyata, Begini Perbedaan Perayaan Kelulusan SMA di Jepang dengan Indonesia

Baca Juga: Aktivitas Fisik yang Pas untuk Penderita Gangguan Jantung



Pasti kamu merasa deg-degan ketika menunggu hasil kelulusan.Nah, jika mengetahui kamu lulus dari sekolah rasanya pasti akan senang.Tapi kalian tahu tidak perbedaan perayaan kelulusan SMA di Jepang dengan Indonesia ?

Tradisi kelulusan SMA di Jepang dan Indonesia sebenarnya sama.Dua negeri ini punya tradisi yang berhubungan dengan seragam.Tradisinya pun hampir dilakukan di seluruh daerah.Maknanya pun punya kesamaan.

Sama-sama menandakan bahwa seragam mereka udah nggak perlu dipakai lagi.Ya walaupun lebih mulia misalnya diberikan ke adik kelas atau yang membutuhkan. Terus apa sih bedanya tradisi kelulusan SMA di Jepang dengan Indonesia? Ini dia…Di Indonesia, corat-coret seragam

Kalau di Indonesia, tradisinya adalah corat-coret seragam.

Coretannya biasanya tanda tangan dan kata-kata dari para teman, atau cat semprot warna-warni. Seringnya dilengkapi dengan konvoi. Ada juga yang berakhir dengan tawuran (yang ini nggak bener nih!)

Maknanya adalah, seragam itu dipakai setiap hari ke sekolah, so kita bakal ingat masa-masa indah SMA saat melihat seragam tersebut karena ada tulisan para teman kita. 

Warna-warna juga jadi simbol kebebasan, sebab kita nggak perlu lagi pakai seragam ini.Tradisi ini juga sering ditentang guru dan orang tua. Lucunya, ada juga yang udah corat-coret seragam padahal belum tentu lulus.

Kalau Perayaan kelulusan Di Jepang, Perayaan Kelulusan!


Back To Top