Gak Pakai Ribet & Mahal, 5 Cara Menikah dengan Budget Rendah, No 4 Jarang Diketahui!

Baca Juga: Aktivitas Fisik yang Pas untuk Penderita Gangguan Jantung



Menikah adalah mengikatkan hubungan lahir batin secara resmi antara laki-laki dan perempuan. Ada banyak hal yang harus dipersiapkan. Mulai dari akad nikah sampai resepsi, dan semua itu dibutuhkan banyak biaya.

Banyak orang mengatakan kalau nikah itu mahal. Butuh banyak biaya puluhan hingga ratusan juta. Tapi percayalah. Ttidak ada yang mustahil di dunia ini. Segala sesuatunya dapat diselesaikan dengan mudah asal kita berpikir kreatif. Berikut lima tips menikah dengan budget rendah.

1. Batasi Tamu.

Tidak sembarang mengundang orang dan bijak menentukan siapa saja yang akan menjadi tamu undangan. Cukup keluarga, sahabat dan tetangga yang betul-betul dekat saja. Hal itu bisa menekan biaya pernikahan.

2. Desain Undangan Jangan yang Terlalu Mahal.

Pilih desain undangan sederhana dan cetaklah di kertas yang biasa saja. Jika kamu punya kawan yang jago desain, gak ada salahnya untuk meminta bantuannya.

3. Tempat Pernikahan Bisa Outdoor.

Harga sewa gedung mahal? Kenapa gak out door aja? Kamu bisa menggunakan lapangan kosong atau halaman belakang rumah kamu untuk dijadikan tempat resepsi, dengan dekorasi yang sederhana dan seunik mungkin. Dijamin gak bakalan bikin kantong bolong.

4. Katering? Masak Sendiri Aja.

Pengeluaran yang dinilai paling besar terletak pada makanan dan minuman. Untuk mengantisipasinya, kamu bisa meminta keluarga yang pandai masak buat hidangan saat resepsi.

5. Sewa Baju Pengantin.

Baju pengantin tak harus buat sendiri. Sekarang banyak jasa sewa baju pengantin plus rias pengantin yang bagus dan harganya miring. Kamu bisa memanfaatkan hal tersebut, tanpa takut kemahalan.

Sejatinya poin-poin di atas merupakan alternatif yang bisa kamu tempuh untuk menghemat pengeluaran, yang terpenting adalah kamu mesti bisa mengalkulasi rencana pesta pernikahan secara detil dan teliti. Jangan lupa cek juga kemungkinan atau kejadian yang tak terduga ya.
Back To Top