Cuma Pakai Air, 8 Trik Menakjubkan Ini Bisa Kamu Praktekkan di Rumah

Baca Juga: Aktivitas Fisik yang Pas untuk Penderita Gangguan Jantung



Banyak percobaan sains yang dapat dilakukan di rumah yang gak terlalu memerlukan prosedur keselamatan. Salah satunya adalah 8 trik air berikut! Coba saja siapa tahu kamu dianggap bisa melakukan sulap.

1. Ilusi Air

Kamu bisa mengubah arah suatu gambar panah hanya dengan menaruh sebuah gelas kaca yang dipenuhi dengan air bening di dedapnnya. Cahaya menarik dan membelok dalam gelas yang berada di depan gambar panah tersebut. Ini juga bekerja serupa dengan kaca pembesar, membelokkan cahaya ke arah tengah.

2. Trik Merica

Isi baskom dengan air setidaknya setengah tempatnya. Kemudian taburi permukaannya dengan merica. Sebisa mungkin jangan sampai teraduk atau larut. Coba celupkan jari telunjukmu ke dalam cairan tersebut, maka gak akan ada sesuatu yang spesial.

Sekarang coba dengan sabun. Lumuri tanganmu dengan sabun, kemudian celupkan jari telunjukmu ke dalam larutan tadi, maka kamu akan melihat reaksi ajaibnya. Kandungan kimia dalam sabun akan mengurai kandungan hidrogen pada air yang berpengaruh pada tekanan permukaannya juga.

3. Air dan Minuman Keras

Ingat bahwa minuman keras dalam hal ini hanya untuk percobaan, bukan untuk dikonsumsi. Sediakan dua gelas kaca bening dengan ukuran yang kecil, pastikan gelas tersebut memiliki diameter mulut yang gak lebar dan berukuran sama. Sediakan juga kartu yang keras dan tahan air.

Isi salah satu gelas dengan air dan gelas lainnya dengan minuman keras sampai penuh. Letakkan kartu keras itu menutup rapat di atas gelas berisi air kemudian balik gelasnya, letakkan gelas berisi air yang terbalik tadi di atas gelas berisi minuman keras, dengan kartu sebagai pembatasnya. Berikan celah sedikit dan tinggalkan selama 10 menit. Isi dari kedua gelas akan berpindah dengan sendirinya. Ini karena densitas minuman keras lebih ringan daripada air sehingga akan mengapung ke atas.

4. Balon Tahan Api

Sediakan lilin dan balon. Nyalakan lilinnya dan tiup balonnya dengan menggunakan angin biasa. Letakkan balon yang menggembung di atas lilin yang telah menyala. Maka balon akan meletus.

Sekarang isi balon dengan air sedikit dan kembangkan dengan air. Coba lakukan hal yang sama dengan meletakkannya di atas lilin yang menyala - letakkan api di bawah bagian yang ada airnya - maka balonnya menjadi tahan dari api. Ini karena kepadatan molekul air yang menahan efek penyebaran panas api dengan cepat.

5. Trik Laser

Siapkan air, botol plastik yang sudah dilubangi di bagian sampingnya dan sebuah alat pemancar laser. Isi air hingga penuh dan biarkan air bocor mengalir keluar. Arahkan laser ke lubang pada botol dari balik botolnya, laser akan mengikuti aliran air. Laser di sini gak sepenuhnya membelok, air berperan seperti serat optik dan membawa laser bersamanya.

6. Air Tonik yang Bercahaya

Siapkan air tonik dan alat bercahaya ultraviolet. Matikan lampu dan arahkan cahaya ultraviolet ke air tonik dan saksikan air toniknya bercahaya.

Air tonik mengandung fosfor, fosfor akan mengubah cahaya ultraviolet menjadi cahaya yang bisa terlihat, membuat air toniknya bercahaya.

7. Air Anti Gravitasi

Siapkan botol kaca yang sudah terisi air sebagian, jaring plastik, karet dan tusuk gigi. Tutup botol kaca dengan jaring dan ikat dengan karet. Tuang air ke dalam botol sampai penuh, kemudian balik botolnya 180 derajat. Maka air gak akan tumpah.

Kamu juga bisa mencoba memasukkan tusuk gigi dari lubang jaring dan melihatnya mengapung ke bagian atas botol. Sifat kohesif dari air yang menciptakan ikatan kuat pada celah di jaring sehingga air gak tumpah.

8. Air Membeku Otomatis

Masukkan sebotol air murni ke dalam freezer dan pastikan temperaturnya berada sekitar 0 derajat celcius sebelum benar-benar membeku. Pada suhu freezer umumnya membutuhkan sekitar satu jam. Keluarkan botol air tersebut dan letakkan di udara terbuka. Saat suhunya masih 0 derajat dan belum membeku, segera hentakkan ke permukaan keras. Kamu akan melihat air di dalam botol membeku dengan sendirinya.

Air secara normal beku di bawah 0 derajat celcius. Ketidakmurnian air akan menyebabkan kristalisasi. Karena gak adanya ketidakmunirnian pada air murni ini, maka akan membuatnya tetap cair walaupun di bawah suhu beku.

Kamu bisa melakukan sendiri semua trik di atas. Selain bahan-bahannya yang gampang ditemukan, teknik melakukannya pun mudah. Coba rasakan serunya kedelapan trik air itu bersama saudara atau temanmu, sekalian belajar ilmu sains kan?

Back To Top